Kamis, 14 Januari 2016

Pengertian, Fungsi, Kelemahan dan Cara Melakukan Ping Terhadap Blog



Sebagai seorang blogger tentu tidak asing lagi dengan yang namanya Apa Itu Ping. Yang saya bahas ini mengenai Ping Blog, bukan mengenai Ping pada Blackberry hehehe. Untuk penjelasan selengkapnya silahkan melanjutkan membaca artikel ini sampai akhir.
.

Apa Itu Ping Blog?

Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping Blog adalah suatu tools yang berguna untuk memberi informasi suatu blog kepada search engine atau mesin pencari, dan memudahkan search engine tersebut untuk menjelajah blog kita dan mengindeks postingan-postingan di blog yang akan mempengaruhi posisi Serp blog pada search engine. Biasanya Ping ini dilakukan jika blog itu sudah update kemudian melakukan ping blog. Dengan demikian postingan baru akan lebih cepat tampil di search engine dan menghasilkan traffic yang tinggi pada blog kita. Ping blog ini bekerja dengan otomatis dan menyebar menyeluruh ke berbagai search engine seperti google, bing, dll. Kita hanya mengisi form yang telah disediakan saja oleh penyedia tool ping, biasanya kolom yang harus di isi adalah title/judul blog, home page blog dan RSS URL.

Apa Itu Fungsi Ping Pada Blog?

Ping sangatlah penting sekali dalam suatu blog, karena ping adalah salah satu tools yang paling banyak dipakai oleh para blogger. Fungsi ping adalah untuk memberitahukan kepada search engine seperti google, bing, dll bahwa ada sesuatu yang baru pada blog kita. Dengan melakukan ping blog, sesuatu yang baru yang ada di blog itu akan lebih cepat terindex oleh search engine (termasuk artikel terbaru, widget, dll). Hal ini adalah langkah yang sangat bagus dalam SEO.

Bagaimanakah Cara Melakukan Pada Blog?

Cara melakukan ping pada blog ada banyak cara dan ada banyak penyedia situs tools ping gratis. Namun saya tidak akan membahas penyedia situs tools ping, karena saya akan membahasnya pada artikel selanjutnya. Kali ini saya akan memberitahukan cara melakukan ping dengan mengetikkan kode dibawah ini pada address bar Anda.
http://blogsearch.google.com/ping?url=http://www.seyosnya.blogspot.com/sitemap.xml
Setelah Anda mengetik kode di atas silahkan di tulisan berwarna merah dengan URL Blog Anda dan tekan enter.

Cara diatas dengan cara mengetikkan langsung kodenya, namun ada cara lain yang lebih simple, yaitu dengan cara mengunjungi situs penyedia tools ping. Ada banyak situs penyedia tools ping,baca disini (11 Tools Ping Blog Untuk Mempercepat Postingan Terindex Search Engine)

Apa Kelemahan Ping?

Tidak dipungkiri ping yang digunakan untuk meningkatkan visitor blog juga memiliki kelemahan. Ada satu kelemahan yang saya ketahui, yaitu Anda tidak diperbolehkan melakukan ping acap kali atau sering-sering, karena itu dapat menyebabkan spam. Jika blog Anda sudah diketahui sebagai spammer, tentunya blog Anda akan terkena penalty.

Kapan Sebaiknya Melakun Ping Pada Blog?

Melakukan Ping pada blog sebaiknya Anda lakukan setelah terjadi update artikel atau update terbaru pada blog Anda. Baik itu secara sebagian atau keseluruhan. Dan sesaat setelah Anda mempublishkan artikel baru Anda pada blog Anda. Ingatlah! Seperti yang saya katakan pada kelemahan ping di atas, jangan terlalu sering melalukan ping. Menurut saya, sebaiknya melakukan ping 2-3 kali sehari saja. Intinya gunakanlah seperlunya saja.

Itulah akhir dari artikel saya kali ini. Semoga penjelasan tentang Ping ini bermanfaat bagi Anda dan blog Anda. Terimakasih!

Kata Kunci

  •  pinger
  •  pinger.com/textfree
  •  ping golf
  •  ping test
  •  ping
  •  pingu
  •  pinger login
  •  pingtest
Load disqus comments

13 komentar