Rabu, 24 Februari 2016

4 Tips Cara Mengelola Blog Yang Baik dan Benar

bagaimana cara mengelola blog yang baik dan benar


Bagi seorang blogger atau pengguna blog haruslah bisa mengelola blognya dengan baik dan benar, agar blog yang ia kelola menjadi berkualitas dan bermanfaat. Namun, sampai saat ini masih banyak para blogger yang tidak bisa mengelola blognya dengan baik dan benar. Hal ini terjadi mungkin karena beberapa alasan, seperti mempunyai banyak blog, tidak ada waktu untuk menulis artikel, dan yang lainnya.

Memgelola blog dengan baik dan benar tentunya banyak sekali manfaatnya, seperti blog kita menjadi terkenal, artikel berada di page one search engine, blog menjadi sukses, dan lain sebagainya. Pada artikel ini saya akan memberikan Tips mengelola blog dengan baik dan benar, yaitu:

Baca:
Pelajari Apa Yang Membuat Blog Menjadi Berkualitas


Bagaimana Cara Mengelola Blog Yang Baik dan Benar?

Berikut 4 Tips Cara Mengelola Blog Yang Baik dan Benar, yaitu:

1. Menjaga Konten atau Artikel Blog

Konten atau artikel adalah faktor terpenting dari blog dan paling utama. Perlu untuk Anda ketahui, sebenarna artikel (informasi) dari blog itu lebih penting dari Optimasi SEO. Kenapa saya katakan begitu? Karena apalah artinya blog tanpa artikel dan hanya mementing SEO. Itu dikarenakan pengunjung hanya mencari Informasi bukanlah tingkat atau level SEO dari blog tersebut.

Saya pernah mengunjungi beberapa blog / website, ia hanya mementingkan dan fokus pada isi konten dari blog / websitenya tanpa memperdulikan SEO. Pasti Anda bertanya-tanya dari mana saya mengetahui itu, saya mengetahuinya ketika saya mengecek level SEOnya dengan sebuah Tools, yaitu Tools SEO Checkers yang disediakan oleh sebuah situs penyedia tools SEO.
Situs yang hanya mementingkan konten, tentunya haruslah bisa membuat artikel yang unik dan bermanfaat. Berikut adalah kriteria konten atau artikel yang baik

a. Artikel Haruslah Original

Buatlah artikel yang benar-benar hasil karya dari pemikiran Anda atau orisinil. Jangalah sekali-kali untuk mencoba copy paste artikel milik orang lain, karena itu akan berdampak Negatif nantinya terhadap blog Anda, seperti blog Anda dilaporkan kepada Google maupun DMCA Complaint oleh pemilik artikel aslinya (tempat Anda meng-copy artikel), blog Anda tidak akan mendapatkan tempat pada Search Engine (mesin pencariaan), dan lain sebagainya.

b. Artikel Yang Informatif

Buat dan tulislah artikel yang benar-benar informatif. Artinya artikel yang memberikan informasi yang jelas dan mudah dimengerti oleh pembaca. Dan janganlah membuat artikel yang tidak jelas maksud dan tujuannya.

c. Butlah Artikel Yang Bermanfaat

Selain membuat artikel yang orisinil dan informatif, tentunya artikel yang kita buat haruslah bermanfaat. Sajikan atau buatlah artikel yang bermanfaat dan benar-benar dibutuhkan oleh pengunjung yang didalam artikel tersebut terdapat pembahasan, solusi, dan yang lainnya.

Itulah 3 kriteria konten yang baik. Selain ketiga kriteria di atas, tentunya Anda harus membuat artikel yang up to date. Artinya blog yang selalu memposting artikel setiap saat, minimal 5 artikel per harinya. Jika tidak mampu, maka 5 artikel per minggunya. Ingat! Janganlah sekali-kali membiarkan blog Anda terbengkalai atau jarang update.

Baca:
5 Hal Wajib Yang Harus Anda Lakukan Setelah Membuat Artikel Baru


2. Men-Desain Template (Tampilan) Blog

Selain konten atau artikel blog, template blog juga dapat mempengaruhi suatu blog. Misalnya dari segi Search Engine (mesin pencariaan) disingkat SE lebih suka pada Template blog yang Simple, Responsiv dan SEO Friendly. Jika dari segi pengunjung, tentunya pengunjung ingin blog yang kunjungi memiliki loading yang tidak berat dan menu navigasi yang mudah untuk di navigasi. Anda dapat membeli template yang SEO Friendly, Responsiv dan Simple, namun jika Anda ingin yang gratis Anda dapat mencarinya di google.


3. Promosikan Blog

Promosikan dan sebarkan link blog Anda kepada teman, sahabat, maupun keluarga. Anda juga dapat mempromosikan blog Anda lewat social media, seperti facebook, twitter, pinterest, google plus, dan masih banyak yang lainnya. Ini agar membantu blog Anda mudah dikenal oleh masyarakat dan Netizen (pengguna internet).

Baca


4. Submit dan Ping Blog Anda

Selain Anda mempromosikan blog Anda, Anda harus men-submit blog Anda ke Webmaster Tools. Ini agar artikel Anda berada pada search engine dan memudahkan orang-orang menemukannya. Anda juga men-submin blog Anda dengan cara melakukan Ping.

Baca:


Itulah 4 Tips Cara Mengelola Blog Yang Baik dan Benar. Poin terpenting dari artikel ini adalah Konten atau Artikel. Demikianlah artikel saya kali ini, semoga membantu Anda.
Load disqus comments

0 komentar