Sabtu, 16 Januari 2016

Cara Mengatur Meta Page Tittle / Judul Blog Agar Lebih SEO

meta tag seo, cara mengatur meta tag, judul


Untuk membuat suatu blog agar menjadi lebih SEO, kita dapat melakukan dengan berbagai cara. Salah satu Cara Untuk Membuat Blog Menjadi Lebih SEO adalah dengan Cara Mengatur Page Tittle / judul Blog dengan baik. Mengatur Page Tittle / judul blog ini sangatlah penting untuk dilakukan didalam suatu blog, karena ini adalah salah satu cara untuk membuat blog agar lebih SEO.



Baca Juga : Mengenal Apa Itu SEO Bagi Pemula

Namun cara ini hanyalah salah satu cara dari seribu cara untuk membuat blog agar lebih SEO. Anda juga harus menerapkan SEO On Page dan SEO Off Page. Untuk mengetahui Apa Itu SEO On Page dan SEO Off Page, silahkan Anda baca artikel saya yang berjudul Mengenal Apa Itu SEO On Page dan SEO Off Page.

Baca Juga : 11 Tools Ping Blog Untuk Mempercepat Postingan Terindex Search Engine 11 Tools Ping Blog Untuk Mempercepat Postingan Terindex Search Engine

Page Tittle / judul blog yang baik seharusnya
akurat, ringkas, dan dapat mendeskripsikan halaman blog tersebut agar pengunjung dapat memahami isi dari blog tersebut. Dan juga dapat memberikan informasi yang singkat kepada Search Engine dan agar memudahkan search engine membaca blog kita.

Baca Juga : Cara Membuat Deskripsi Blog Agar Lebih SEO

Kenapa saya membahas ini? Karena jika kalian menggunakan template bawaan dari salah satu Platform blogging, yaitu blogger(dot)com, itu belum sepenuhnya berstandart SEO, meskipun blogger ini adalah miliknya Google, tapi kenyataannya template dari blogger ini tidak berstandar SEO.

Baca Juga : Pengertian, Manfaat dan Pentingnya Blogwalking Pada SEO Pengertian, Manfaat dan Pentingnya Blogwalking Pada SEO

Namun lain halnya jika Anda memakai template yang SEO Friendly yang Anda beli atau Anda dapat dari master-master pembuat template blog. Saya menyarankan beli atau downloadlah template yang SEO Friendly.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Kelemahan dan Cara Melakukan Ping Terhadap Blog

Tidak semua template yang SEO itu baik pada Page Titlenya. Untuk itu Anda harus mencoba memberanikan diri untuk mengotak-atik template blog Anda, tentunya dengan bantuan dari artikel saya ini. Ingat! Jangan coba-coba untuk mengotak-atik template blog tanpa mengetahui dasar dari pengkodean.

Seperti yang sudah saya katakan di atas, Page Tittle / judul blog yang baik seharusnya akurat, ringkas, dan dapat mendeskripsikan halaman blog tersebut. Dan seperti yang sudah saya katakan juga, template bawaan atau template SEO, belum tentu Page Tittlenya benar.
Pada template standart bawaan blogger, apabila kita perhatikan secara lebih baik didalam search engine (mesin pencarian), page title pada blogger yang sudah terindex oleh google akan terlihat seperti ini;

"Nama Blog | Page Title"
Saran saya, sebaiknya Anda mencoba merubahnya sehingga posisinya akan menjadi terbalik. Ini untuk agar page title Anda akan terlebih dahulu terbaca oleh search engine (mesin pencarian) di bandingkan nama blog Anda. Seperti inilah contoh page tittle yang sudah di ubah;

"Page Title | Nama Blog"

Kenapa saya menyarankan untuk merubahnya? Karena search engine (mesin pencarian) lebih menyukai blog yang Page tittlenya berformat  "Page Title | Nama Blog". Jadi saya menyarankan Anda untuk memodifikasinya agar blog Anda menjadi lebih SEO dan disukai oleh search engine (mesin pencarian).

Cara Setting Page Tittle / Judul Blog

Untuk mengatur page tittle tidaklah terlalu sulit, walaupun itu untuk pemula (seperti saya). Namun walaupun tidak sulit, tetapi kita harus tetap berhati-hati dalam memodifikasi kode pada template blog. Berikut langkah-langkah untuk mengaturnya;

1. Buka Dashboard > Template > Edit Template
2. Temukan kode dibawah. Untuk memudahkan menemukannya tekan CTRL F

<title><data:blog.pageTitle/></title>

3. Jika sudah menemukannya, ganti kode diatas dengan kode dibawah ini

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

Atau jika Anda ingin menambahkan Keywoard blog Anda, bisa diganti dengan kode dibawah ini

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> keyword-1 | keyword-2 | keyword-3 </title>
</b:if>

4. Lalu Save / Simpan template

Keterangan:

1. Ganti “Keyword 1 | Keyword 2 | Keyword 3” dengan Keywoard atau Kata kunci blog Anda. Jumlah Keywoard tidak ada batasnya. Seterah Anda mau berapun panjangnya. Tetapi jika terlalu panjang juga tidak baik.

2. Jika kode <title><data:blog.pageTitle/></title> tidak sengaja terhapus oleh Anda atau tidak di temukan, maka “Copy Paste” dan tempatkan kode HTML dari kedua Opsi di atas tepat atau sebelum <b:skin><![CDATA[/*

Seperti yang saya katakan di awal, ini hanyalah salah satu cara dari seribu cara agar blog kita menjadi lebih SEO. Untuk lebih baiknya Anda juga harus menerapkan SEO On Page dan SEO Off Page. Silahkan baca artikel saya tentang Mengenal Apa Itu SEO On Page dan SEO Off Page.

Demikianlah artikel sederhana dari pemula ini. Semoga ini bermanfaat dan berguna untuk Anda semuanya yang membaca artikel dari awal sampai akhir.
Load disqus comments

31 komentar