Kamis, 18 Februari 2016

5 Tips dan Cara Memilih Topik (Tema) Untuk Blog Baru

Sebelumnya saya telah membahas mengenai 7 Syarat Utama Sebelum Menjadi Seorang Blogger Yang Baru. Sekarang saya akan membahas mengenai 5 Tips dan Cara Memilih Topik (Tema) Untuk Blog Baru. Silahkan disimak.

cara memilih niche topik tema untuk blog, niche blog yang bagus


Dalam memilih tema atau topik pembahasan untuk blog, itu adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan menentukan topik blog yang baik dapat menjadikan blog kita nantinya menjadi lebih besar (berkembang). Dan tidak sedikit para pemula atau orang yang baru terjun dalam dunia blogging menjadi bingung dalam memilih topik untuk blog yang akan di buatnya.

Memilih atau menentukan topik pembahasan untuk blog yang akan kita buat haruslah benar-benar kita perhatikan. Karena ini akan menentukan nasib dari blog kita nantinya. Dan jika kita salah dalam memilih topik blog, bisa-bisa blog kita nantinya tidak akan berhasil dan mati di tengah jalan.

Perlu untuk Anda ingat, sebelum Anda membuat blog ada baiknya Anda menentukan topiknya terlebih dahulu. Ini agar memudahkan Anda nantinya dalam membuat artikel atau postingan untuk blog Anda. Dan satu hal yang patut untuk Anda hindari dalam memilih topik blog, yaitu topik blog gado-gado (campuran). Kenapa? Karena ini akan menyulitkan Anda nantinya dalam menulis artikel karena harus membuat artikel yang banyak dan berbeda-beda.

Baca:



Kesalahan-kesalahan Dalam Memilih Topik Blog

Sebelum saya masuk ke dalam pembahasan Tips dan Cara Memilih Topik (Tema) Untuk Blog Baru, ada baiknya kita membahas sedikit Kesalahan-kesalahan Dalam Memilih Topik Blog, berikut:

*. Memilih topik blog yang sangat popule, namun tidak terlalu paham pada topik tersebut
*. Meniru topik blog milik blog orang lain karena blognya sukses
*. Memilih topik blog yang jarang diminati atau jarang dicari oleh orang lain
*. Memilih topik blog gado-gado (campuran)

Di atas adalah beberapa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula (baru) dalam memilih topik blog, termasuk saya dulunya juga begitu.


Lalu, Bagaimana Tips dan Cara Memilih Topik (Tema) Untuk Blog Baru?

Setelah Anda membaca kesalahan-kesalahannya, ada baiknya Anda membaca tips memilih topik untuk blog yang benar. Dan jika Anda sudah terlanjur melakukan kesalahannya, saya menyarankan untuk mengulangi membuat blog dari awal. Dan untuk Anda yang baru memulai membuat blog, ikutilah tips yang saya berikut ini.
Berikut adalah Tips dan Cara Memilih Topik (Tema) Untuk Blog Baru yang dapat Anda terapkan pada blog baru Anda, yaitu:


1. Melihat Hobi atau Kesukaan Pada Diri Kita

Tips yang pertama ini haruslah Anda perhatikan, karena ini adalah kunci dari suka duka dalam mengelola blog nantinya. Buatlah topik blog dari hobi atau apa yang Anda sukai, misalnya Anda menyukai kuliner atau suka berpergian ke luar kota untuk mencoba berbagai macam kuliner, Anda dapat membuat blog Anda mengenai kuliner dan pengalaman Anda mencicipi kuliner-kuliner yang pernah Anda coba.

Kenapa saya menyarankan Anda untuk memilih topik blog sesuai hobi Anda? Ini agar nantinya memudahkan Anda dalam menulis artikel-artikel, bayangkan jika Anda membuat blog dengan topik yang tidak menjadi hobi Anda, tentunya nanti Anda akan susah menyusun kata-kata untuk artikel Anda. Dan belum lagi nantinya Anda mendapatkan pertanyaat dari pengunjung blog Anda, nah disinilah nantinya Anda akan mengalami kesulitan karena topik yang Anda buat diluar kemampuan atau keahlian Anda.
Untuk itu pilihlah topik blog yang menjadi hobi dan kesukaan Anda, agar nantinya Anda tidak mengalami kesulitan.


2. Memilih Topik Sesuai Dengan Bisnis Yang Anda Jalankan

Tips yang ke #2 cukup menarik dan lebih memudahkan Anda dalam mengelolanya. Pilihlah topik sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan saat ini. Misalnya Anda lagi menjalankan bisnis Toko Baju atau Distro, berikan informasi mengenai baju-baju terbaru pada blog Anda dan dengan sedikit menyelipkan produk Anda yang ingin di jual. Tips yang ke #2 ini selain bisa meningkatkan reputasi blog Anda, juga dapat menjalankan bisnis online.


3. Memilih Topik Dari Keahliaan Anda

Dapat saya katakan bahwa, "Keahliaan itu adalah kunci sukses". Memilih topik blog sesuai dengan keahliaan itu adalah peluang yang sangat besar menurut saya dalam membangun blog. Misalkan Anda mempunyai keahliaan dalam bidang menggambar, baik itu pada kertas maupun pada komputer. Anda dapat menulis keahliaan Anda pada blog Anda dan menjadikannya sebuah artikel.


4. Memilih Topik Dari Apa Yang Banyak di Cari Pengguna Internet

Tips ke #4 sangat bagus sekali menurut saya, namun ada sedikit kekuarangan, yaitu topik yang banyak di cari tentunya banyak juga persaingannya. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba jika Anda benar-benar ingin fokus pada topik itu.


5. Memilih Topik Yang Jarang di Pakai atau Tidak Pernah di Pakai Oleh Orang Lain

Tips yang ke #5 ini peluang untuk membuat blog kita menjadi sukses sangat besar. Karena jika kita memilih topik ini, otomatis persaingannya tidak akan ketat.


Demikianlah 5 Tips dan Cara Memilih Topik (Tema) Untuk Blog Baru. Semoga ini bermanfaat untuk membangun blog Anda.
Load disqus comments

0 komentar