Senin, 25 Januari 2016

Tips Agar Pengunjung Betah Membaca Artikel dan Berlama-lama di Blog Anda

cara pengunjung betah berada di blog, tips blog


Ibaratkan orang berdagang, “Pembeli adalah Raja”. Begitulah kiranya dengan pengunjung blog kita, karena “Pengunjung Blog adalah Raja”. Karena pengunjung adalah raja, kita harus membuatnya betah membaca artikel yang ada di blog kita, dan juga kita harus membuatnya nyaman ketika mengunjungi blog kita. Karena bukan hanya didunia nyata saja orang bisa merasakan bosan, betah dan nyaman, didunia maya orang juga bisa merasakan itu semua.

Tahukah Anda, pengunjung dalam blog adalah target utama dalam dunia blogging. Untuk itu kita harus bisa membuat agar pengunjung betah untuk berlama-lama ketika berada di blog kita. Jika pengunjung betah untuk berlama-lama, tidak menutup kemungkinan kita akan mendapatkan Traffik yang sangat melimpah. Namun, tahukah Anda? Lamanya pengunjung ternyata juga mempengaruhi SEO (baca: Mengenal Apa Itu SEO Bagi Pemula) & (baca: Mengenal Apa Itu SEO On Page dan SEO Off Page) blog.

Seperti yang telah katakan di atas, “Jika pengunjung betah untuk berlama-lama ketika berada di dalam blog kita, tidak menutup kemungkinan kita akan mendapatkan Traffik yang sangat melimpah”. Karena Traffik atau pengunjung blog dapat mempengaruhi perkembangan blog kita. Kenapa kita harus membuat pengunjung betah di blog kita? Kalian bisa lihat alasannya dibawah.


Alasan Kenapa Kita Harus Membuat Pengunjung Betah Berlama-lama di Blog Kita

1. Untuk Mendapatkan Traffik

Ini adalah alasan utama. Karena tanpa pengunjung kita tidak akan mendapatkan traffik. Dan karena pengunjunglah kita dapat memperoleh traffik, apalagi jika setiap pengunjung yang datang ke blog kita betah berada di blog kita, otomatis kita akan mendapatkan traffik yang sangat melimpah.

2. Dapat Membuat Nama Blog Kita Menjadi Baik

Dengan membuat pengunjung betah ketika berada di blog kita, tidak menutup kemungkinan membuat nama blog kita menjadi baik. Kenapa? Jika pengunjung betah, sudah dipastikan bahwa dia suka dengan blog kita. Suka dalam arti informasinya yang bermanfaat, tampilannya, dll. Jika informasinya bermanfaat sudah dipastikan blog Anda akan menjadi acuan utama pengunjung dalam mencari informasi dan bisa membuat nama blog kita menjadi baik.

Itulah alasan kenapa Anda harus membuat pengunjung betah ketika berada di blog Anda. Lalu, Bagaimana Cara Agar Membuat Pengunjung Blog Betah? Baiklah, selanjutnya saya akan membahas agar pengunjung betah untuk berlama-lama di blog.


Tips Agar Pengunjung Betah Membaca Artikel dan Berlama-lama di Blog Anda

1. Buatlah Judul Yang Menarik

Ini adalah hal utama yang harus Anda lakukan. Buatlah judul Artikel yang bisa membuat pengunjung tertarik untuk mengunjunginya dan judul yang memungkinkan pengunjung untuk mencarinya ketika mereka mengetikan sesuatu pada Search Engine.

2. Buatlah Artikel Yang Bermanfaat dan Menarik Untuk di Baca

Setelah membuat dan menentukan judul, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat artikel. Yap, artikel! Tentunya artikel yang kita buat harus menarik dan bermanfaat. Bukanlah artikel yang asal-asalan. Karena jika artikel yang kita buat semakin menarik dan bermanfaat, maka akan semakin menarik pengunjung untuk terus membacanya dan berlama-lama berada di dalam blog Anda.

3. Butlah Penjabaran Pada Isi Artikel

Selain kita harus membuat artikel yang menarik dan bermanfaat, kita juga harus memberikan penjabaran pada artikel yang kita buat. Contohnya Anda ingin membahas tentang “Cara Membuat Blog”, mulailah memberikan penjelasan yang rapi dari awal sampai akhir. Seperti:
a. Pengertian Apa Itu Blog
b. Apa Kegunaan Blog
c. Cara Membuat Blog
Nah, lakukanlah penjabaran step by step, ini agar pembaca dapat memahami isi dari artikel yang Anda buat.

4. Buatlah Tampilan / Template Blog Yang Rapi dan Unik

Tampilan dan desain blog juga mempengaruhi kesenangan dan kebosanan pengunjung. Apabila tampilan blog Anda acak-acakan yang tidak karuan dan bahkan membuat pengunjung kebingungan dengan isi blog Anda, maka tidak akan menutup kemungkinan pengunjung akan meninggalkan blog Anda.

Untuk itu dalam memilih tampilan blog, hendaknya Anda memperhatikan hal-hal berikut.

*. Pilihlah Tampilan / Template Yang SEO Friendly dan Human Friendly

Bagi para blogger mungkin tidaklah asing lagi dengan kata SEO Friendly. Yap! Template yang SEO Friendly sangat disukai Search Engine. Namun kita tidak akan membahas suka atau tidaknya search engine terhadap blog kita, tapi kita akan membahas suka atau tidaknya pembaca terhadap tampilan atau template blog kita. Maka dari itu kita akan membahas Human Friendly, bukan SEO Friendly.

Apa itu Human Friendly? Human Friendly adalah tampilan yang diperuntukan untuk optimasi yang digunakan untuk mempermudahkan pengunjung ataupun pembaca untuk mencari informasi yang ada pada blog Anda. Dan tampilan Human Friendly harus mengutamakan kenyamanan untuk pengunjung atau pembaca.

*. Template yang Fast Loading (Loading Cepat)

Lamanya kecepatan dari loading suatu blog adalah menentukan kenyamanan dari pengunjung. Biasanya yang memberatkan loading dari blog adalah penggunaan elemen dari JavaScript ataupun widget-widget yang berlebihan. Jadi, agar blog Anda menjadi lebih ringan hilangkanlah widget-widget yang tidak penting.

5. Membuat Navigasi dan Menu Yang Baik dan Jelas

Janganlah meremehkan Navigasi dan Menu. Karena jika Anda membuat navigasi dan menu yang tidak jelas, saya yakin pengunjung akan langsung meninggalkan blog Anda. Maka dari itu buatlah navigasi dan menu yang jelas dan baik. Dan tambahkanlah menu-menu seperti dibawah ini.
*. Popular Post
*. Artikel Terkait
*. Related Post

Nah itulah Tips Agar Pengunjung Betah Membaca Artikel dan Berlama-lama di Blog Anda, semoga ini bermanfaat bagi sobat blogger.
Disaat kalian menerapkan tips yang saya berikan ini, semoga blog Anda menjadi acuan pengunjung untuk mencari Informasi. Dan semoga Anda juga betah berada di blog sederhana saya ini.


Terimakasih.
Load disqus comments

1 komentar: