Rabu, 20 Januari 2016

Cara Membuat Sitemap (Daftar Isi) SEO Friendly Untuk Blog

cara membuat sitemap yang seo, sitemap blog, apa itu sitemap, apa pentingnya sitemap


Pada artikel kali ini yang ingin saya bahas adalah mengenai Sitemap. Sitemap atau biasa disebut Daftar Isi, cara membuatnya cukuplah mudah. Kita hanya memerlukan sedikit kode, yaitu kode JavaScript yang kita tempelkan pada Halaman (Page) ataupun postingan blog. Dan kita juga perlu sedikit memanfaatkan Feed ataupun RSS dari blog yang ingin dipasangkan Sitemap (Daftar Isi).

Sebelum saya melanjutkan ke Cara Pembuatan Sitemap (Daftar Isi), alangkah baiknya kita terlebih dahulu Mengenal Apa Itu Sitemap dan Apa Itu Fungsi Sitemap pada blog. Berikut penjelasan selengkapnya.


Pengertian dan Definisi Sitemap (Daftar Isi)

Apa Itu Sitemap? Sitemap adalah sebuah kata dari bahasa Inggris, jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah Daftar Isi.
Jadi, Sitemap adalah Daftar Isi pada suatu blog. Sama halnya dengan sebuah buku, blog juga mempunyai sebuah Daftar Isi. Artinya, semua artikel yang pernah Anda tulis di blog Anda akan masuk pada Sitemap (Daftar Isi).


Fungsi Sitemap (Daftar Isi)

Setelah mengetahui Apa Itu Sitemap, tentunya kita juga perlu mengetahui Fungsi Dari Sitemap (Daftar Isi). Tanpa kita mengetahui Fungsi dari sitemap, terus Apa Gunakanya Membuat Sitemap (Daftar Isi)? Tidak usah berlama-lama lagi, mari kita simak Fungsi dari sitemap.

Sitemap (Daftar Isi) berfungsi untuk mempermudahkan pengunjung atau visitor untuk mencari artikel yang mereka perlukan yang ada pada blog kita. Dan sitemap ini dibuat dan ditujukan guna untuk pengunjung blog, bukan untuk robot Google.


Cara Membuat Sitemap (Daftar Isi) Yang SEO Frindly

Setelah kita mengetahui Apa Itu Sitemap dan Fungsi Sitemap, sekarang mari kita simak cara membuat sitemap.
Cara membuat sitemap yang akan saya bagikan kali ini adalah yang 100% SEO Friendly dan dapat menampilkan semua artikel yang telah dipisahkan dengan label, tentunya yang telah Anda Publishkan. Dan sitemap ini juga akan menampilkan tanda "NEW" pada artikel baru Anda. Keren bukan?
Berikut langkah-langkah Cara Membuat Sitemap (Daftar Isi) 100% SEO Friendly:

  • SITEMAP TANPA SCROL

1. Silahkan login dengan akun Blogger Anda
2. Pilih blog yang ingin dipasangkan sitemap
3. Pilih Pages > New Pages. Lalu akan tampil halaman kosong
4. Pada halaman kosong pilih HTML dan Copy Paste kode dibawah ini, tapi jangan lupa diberi judul Sitemap (Daftar Isi)

<script src="http://me-sitemap.googlecode.com/files/mysitemap.js" type="text/javascript"></script>
<script src="http://seyosnya.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
  • SITEMAP MENGGUNAKAN SCROOL

atau jika Anda ingin sitemapnya menggunakan Scroll, salin dan tempelkan kode dibawah ini

<div style="background-color: ‪#‎dde1e3‬; border: 1px solid #999999; height:100px; overflow: auto; padding: 10px; width: 100%px;">
<script style="text/javascript" src=" https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh- pages/sitemap1.js"></script><script src="http://seyosnya.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
</div>

5. Klik Publish dan sitemap Anda sudah tampil

Keterangan:
*. Untuk tulisan berwana merah silahkan diganti dengan URL Blog Anda
*. Nilai '100' pada 'height' bisa diganti dengan panjang sitemap (daftar isi) yang Anda diinginkan
*. Jika Sitemap (Daftar Isi) Anda tidak ingin dikomentari oleh orang lain, silahkan klik Options pada sisi kanan dan pilih don't allow, hide existing compose mode.

Terimakasih telah membaca artikel saya. Saya sarankan lebih baik gunakanlah sitemap diatas pada blog Anda, karena jika membuat sitemap yang salah akan berdampak buruk pada blog Anda sendirinya.
Silahkan berkomentar jika ada yang tidak Anda mengerti. Terimakasih.
Load disqus comments

1 komentar: